Emergency Kit Yang Harus Selalu Ada Di Tasmu

HomeSerba Serbi

Emergency Kit Yang Harus Selalu Ada Di Tasmu

Keadaan bahaya atau bencana alam tidak memiliki jadwal kapan akan terjadi dan dimana dia akan beraksi. Yang dapat kita lakukan adalah melakukan mitig

Memperbaiki HEVC Codec Error Pada Filmora 9
Cara Membuat Akun Email Gmail Google
Media Penyimpanan Terbaik 2021

Keadaan bahaya atau bencana alam tidak memiliki jadwal kapan akan terjadi dan dimana dia akan beraksi. Yang dapat kita lakukan adalah melakukan mitigasi dan mempersiapkan semua kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Salah satunya dengan mempersiapkan emergency kit, sehingga ketika keadaan bahaya tersebut terjadi kita sudah selangkah lebih maju dalam menghadapinya. Sebelum kita membahas emergency kit yang kita butuhkan, ada baiknya kita baca ulasan mengenai mitigasi bencana.

Baca Juga Mitigasi Bencana Alam Untuk Mengurangi Dampak

Kebutuhan Minimal Emergency Kit

Emergency kit adalah peralatan yang sekiranya akan kita butuhkan ketika suatu kejadian emergency tersebut terjadi. Bisa kejadian bencana alam, lakalantas, atau kejadian lain dimana kita hanya memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan diri. Disini penulis mengulas kebutuhan emergency kit minimum untuk kejadian bencana alam versi dari penulis. Setiap orang mungkin memiliki preferensi kebutuhannya masing-masing.

Pisau Lipat

Pisau lipat menjadi salah satu kebutuhan utama, selain untuk alat bela diri juga untuk kebutuhan lainnya di lapangan. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh sebuah pisau lipat. Oleh karena fungsinya yang sangat penting, maka pilihlah pisau lipat yang memang memiliki kualitas terbaik untuk melindungi diri kita.

Baca Juga : Pisau Lipat Terbaik Untuk Selalu Dibawa

Senter

Karena untuk emergency gear, maka senter yang disiapkan paling tidak memiliki daya pancar yang baik dan yang terpenting adalah hemat daya. Karena dalam keadaan bahaya setiap resource akan sangat berharga. Boros daya listriknya berarti kita harus menyediakan lebih banyak cadangan baterai, yang berarti beban yang akan dibawa semakin berat. Hal tersebut akan sangat terasa apabila kita bergerak tanpa moda transportasi.

Baca Juga : Deretan Senter Terang Untuk Temani Malammu

Water Purifier

Dalam sebuah keadaan gawat darurat, kita tidak dapat memastikan apakah sumber air bersih akan tetap tersedia atau kapan bantuan air bersih itu akan datang. Water Purifier atau pemurni air sendiri merupakan suatu media untuk mengubah air kotor menjadi air yang lebih bersih. Ada dua jenis water purifier, yang pertama berbentuk alat sedangkan yang kedua berbentuk tablet yang nantinya akan dimasukkan kedalam air yang kotor sesuai takarannya.

Baca Juga : Water Purifier Si Penjerih Air

Gergaji Kawat

Gergaji kawat berbentuk mungil tidak memerlukan space besar dalam tas kita, terdiri dari sebuah kawat bergerigi dengan handel di masing-masing ujungnya. Meskipun bentuknya yang kecil, namun gergaji kawat akan sangat berguna ketika kita ingin memotong dahan pohon untuk membuat api atau membuat shelter.

Baca Juga : Gergaji Kawat Untuk Memotong Dahan

Multi Tools

Multitools menjadi idaman bagi setiap orang, bagaimana tidak, ada beberapa fungsi yang didapat dalam satu alat yang relatif kecil. Saat ini ada beragam jenis multi tools yang beredar, mulai dari multi tools klasik, hingga yang modern dalam bentuk kepingan logam seukuran kartu ATM kita. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan, semakin banyak fungsi yang didapat dalam satu alat akan semakin baik karena kita dapat menghemat tempat penyimpanan dalam tas kita.

Baca Juga : Pilihan Terbaik Multi Tools

Magnesium Fire Starter

Fire starter atau pembuat api ini terbuat dari magnesium. Cara pakainya adalah dengan menyiapkan media bakar, bisa menggunakan tisu atau remah kayu atau daun. Gesekkan besi yang biasa menjadi satu paket ke magnesium dari ujung ke ujung hingga mengeluarkan api. Keunggulan pembuat api jenis ini adalah aman dari air dan lembab.

Baca Juga : Magnesium Fire Starter Terbaik

Peluit Survival

Peluit disini bukan untuk mengatur lalu lintas ya, tapi peluit yang dimaksud adalah peluit untuk survival. Dalam keadaan darurat, akan lebih baik apabila kita dapat menyimpan setiap tenaga kita, karena kita takkan pernah tahu kapan kondisi darurat tersebut akan berakhir. Ketika kita berteriak memanggil orang lain, tenaga yang kita keluarkan tidaklah sedikit dan akan menguras tenaga kita secara perlahan. Sebagai pengganti cara konvensional tersebut, maka dapat dipergunakan peluit.

Peluit yang biasa dipakai bapak Polisi Lalu Lintas memang nyaring, namun ada yang lebih cocok untuk kita pergunakan. Yaitu peluit yang kita tiup ringan sudah mengeluarkan bunyi. Bunyinya tidak perlu nyaring, namun cukup untuk didengar orang lain maupun tim penyelamat.

Baca Juga : Peluit Survival, Mini Namun Menyelamatkanmu